Bentuk packaging yang menyentuh


Bagaimana sebuah packaging dapat mempengaruhi sebuah penjualan?
Investasi dalam packaging design sangatlah penting. Karena pada kenyataannya, kemasan adalah sesuatu yang pertama kali dilihat oleh konsumen dan seringkali menjadi alasan utama untuk purcashing decision.
Fact : konsumen di Indonesia, mereka adalah impulse buyer, dimana biasanya mereka tidak terbiasa untuk merencanakan sesuatu dalam berbelanja, rata-rata konsumen hanya memerlukan 2,6 detik untuk memutuskan pembelian sebuah produk, dan 70% pembelian terjadi pada saat mereka berada di toko atau supermarket.

Saya khan sudah berinvestasi banyak untuk membuat sebuah produk yang baik, masa saya masih harus investasi sejumlah uang untuk membuat design packaging?
Sangat disayangkan banyak perusahaan di Indonesia masih mengandalkan prinsip-prinsip kolot lewat desain dan packaging yang sudah usang dan membosankan. Perlu kita sadari bahwa bisnis dalam retail environment sangat keras dan agresif.

Fact : investasi dalam dunia packaging bisa mengubah persepsi produk Anda dari sebuah produk komoditi menjadi sebuah produk premium atau berkelas. Inovasi packaging yang unik dapat menciptakan niche market baru dan unik sehingga produk Anda mempunyai image yang jauh lebih hebat daripada produk-produk kompetitor.

Bagaimana membangun kekuatan merek dalam packaging ?
Sebuah packaging yang baik harus mampu berinteraksi dengan konsumen sejak kesan pertama sampai dengan saat penggunaan terakhir. Pada saat penggunaan produk, sebuah kemasan harus mampu menarik perhatian, dapat disentuh, menimbulkan pengalaman tertentu dan menginfomasikan produk secara tepat. Sebagai contoh sukses bagaimana evian sebuah produsen air mineral dalam kemasan membuat packaging berbentuk tetesan air(tear drop).

Sebuah packaging harus mampu menarik perhatian dari pembeli untuk mencobanya untuk membelinya, menggunakannya, dan kemudian loyal terhadap merek Anda. Melalui kesetiaan dan kepercayaan konsumen ini bisnis Anda akan berkembang.

Desain kemasan yang baik dan unik harus dapat merepresentasikan secara langsung identitas merek dan kepribadian dari dari produk anda, dan hanya untuk produk Anda. Sehingga terjadi sinergi antara produk dengan konsumen-dimana ada ketertarikan emosi, memori, perasaan, dan pengalaman tiap individu sebagai konsumen akan tersalurkan lewat produk Anda. Lewat brand performance inilah, Anda dapat menarik perhatian konsumen, menyakinkan, dan menginformasikan mereka untuk kemudian memilih produk Anda.

Akhir kata, selamat membangun sebuah merek asli dari Indonesia yang kuat, melalui packaging yang unik. MERDEKA!