Kalau packaging atau kemasan tsb. dibuat bagus dan memiliki personality yang kuat, maka akan mampu meningkatkan rasa percaya dari konsumen tatkala hendak memilih produk yang akan dibelinya. Jadi packaging tidak hanya berfungsi membawa produk ke konsumen, tetapi lebih dari itu fungsi packaging telah berkembang menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mengkomunikasikan personality dari merek atau brand kepada konsumennya.
Di era persaingan produk yang kian kompetitif ini, yang namanya packaging menjadi salah satu ‘senjata’ dalam usahanya untuk memenangkan persaingan.
Yang perlu diingat, kenapa packaging menjadi ‘senjata’ penting, hal ini terkait dengan hasil sebuah survey bahwa konon seorang konsumen yang sedang belanja di supermarket hanya memiliki waktu beberapa detik saja untuk melihat dan kemudian mengenali sebuah merek produk. Karena untuk memperhatikan produk satu dengan yang lain akan menghabiskan waktu yang banyak. Sementara filosofi belanja di supermarket kan ingin cepat, praktis, dan leluasa. Logikanya, kalau sebuah packaging dibuat dengan bentuk unik dan warna yang catchy maka akan mudah menarik perhatian. Dan selanjutnya, konsumen tsb. akan mengambil, lebih banyak mengamati, dan mempertimbangkan untuk membelinya. Packaging sebagai salah satu ‘senjata’ telah bertugas dengan baik.
Lagi-lagi strategi keluar dari pakem yaitu ‘berani tampil beda’ menjadi jawaban bagi pentingnya desain kemasan tsb. Karena 80% keputusan untuk membeli dibuat oleh konsumen tatkala berada di supermarket atau toko, khususnya di depan barang yang ditawarkan atau yang akan dibelinya. Strategi packaging ‘yang berani tampil beda’ tsb. akan menjadi motivasi kuat bagi konsumen untuk melihat, menimbang dan membeli.
Selain packaging tsb. harus punya personality, menarik dan mendorong konsumen untuk membeli, terakhir, yang juga penting diperhatikan adalah packaging tsb. harus mudah digunakan, mudah disimpan, aman dan kuat tatkala digunakan menyimpan produk, tidak mudah rusak, dan mudah ditata saat harus di-display di rak.