Judul yang menarik bukan?? Menimbulkan banyak makna: bisa jadi memang semua orang bisa membuat logo, karena anak kecil saja bisa. Bisa juga bermaksud menyindir: karena anak kecil di anggap masih amatir.
Desainer logo dituntut memiliki kreatifitas dan kemampuan yang luar biasa. Namun bagaimana mengukur tingkat kreatifitas dan kemampuan seorang desainer logo? Saya pribadi susah menjawabnya. Namun bagi orang awam, hal ini sederhana. Mereka mengukur kreatifitas dan kemampuan desainer logo dari bentuk yang dibuat! Sesederhana itukah!? Bisa iya, bisa juga tidak. Saya pribadi kurang sependapat dengan pemahaman seperti itu tentang sebuah logo.
Berdasarkan pengalaman saya, yang masih terus mencoba untuk menjadi desainer logo yang “kreatif dan memiliki kemampuan luar biasa” (semoga saya bisa menjadi seperti itu), saya pernah mendapati klien yang luar biasa membuat saya pusing. Seolah-olah dia mengerti bagaimana membuat logo yang benar. saya menghormati perkataan-perkataan beliau karena saya sendiri tidak berani menjamin kalau saya adalah seorang desainer logo yang baik, setidaknya saya mengerti sedikit mengenai logo dan tau apa yang sedang saya kerjakan.
Dia beralasan tidak punya bakat menggambar (padahal tidak semua desainer bisa menggambar), jadinya dia meminta saya untuk membuat logo usahanya, dan saya menyanggupinya. Saya tipe desainer yang menyukai konsep sederhana (simple) dalam membuat logo. Dan jadilah sebuah logo yang cukup sederhana. Logo tersebut saya buat dengan mempertimbangkan kaidah dan prinsip-prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam mentransfer pesan melalui sebuah logo, hal-hal yang memang seharusnya penting untuk selalu diperhatikan oleh desainer logo.
Namun apa yang terjadi?? Logo tersebut di bilang jelek, terlalu sederhana, dan kurang menarik. Fuih!! Sabar..sabar.. Kadang kala, sebagai desainer memang harus banyak sabarnya menghadapi klien yang seperti ini. Jadi saya pun bertanya bagian mana yang harus direvisi. "Logo tersebut terlalu mudah untuk ditiru, anak kecil saja bisa membuatnya!!" Begitu ujarnya.
JedaarrRR!!
Walah, ternyata begini pemahaman dia mengenai logo, saya pikir seperti apa, sayapun kemudian tersenyum.
Seperti kita ketahui, membuat logo membutuhkan proses yang menjadikan logo itu unik dan orisinil serta baik dari segi makna sebagai identitas. Karena itu, logo yang baik tidak bisa dilihat dari bentuk visualnya saja (yang terlihat), banyak faktor lain dibelakangnya (yang tidak terlihat) yang menjadikan logo itu baik dan mampu mewakili entitas usaha dalam jangka waktu yang sangat lama..
Sebuah logo itu tidak dilihat dari rumit bentuknya, juga bukan soal gampang ditiru dan gampang dibuat. Logo-logo yang sukses seperti Nike, Adidas, Apple memiliki bentuk yang sangat sederhana. Saya berani jamin anak tetangga saya yang belum sekolahpun bisa menirunya! Apa susahnya meniru logo Nike!? Saya juga jamin kamu-kamu pasti bisa membuatnya.
Karena bentuk bukanlah segalanya yang membuat logo itu bagus. Bagi saya sendiri “Ide” lah yang merupakan faktor penting, tanpa menyampingkan faktor lain seperti proses dan penerapan prinsip-prinsip desain yang juga sangat penting..
Karena ide itulah yang membuat desainer grafis disebut kreatif. Ide membuat logo menjadi kuat secara makna dan berkualitas dalam tampilan. Kenapa sebelum ada logo Apple, tidak ada orang lain yang membuatnya?? Karena mereka tidak terpikirkan hubungan logo Apple tersebut dengan komputer, namun karena ide yang unik dan menyambungkan paham itulah yang menjadikan logo tersebut bagus, menarik dan tentu saja harganya selangit.
Kesimpulan
Logo tidak dilihat hanya dari bentuk. Jika ada seorang desainer yang selalu membuat logo yang rumit dan susah ditiru namun tidak mengerti konsep, Saya bisa bilang dia belum bisa dikatakan desainer yang baik. Intinya jika ingin menjadi desainer logo dan membuat logo yang “layak” di katakan logo, harus mengerti konsep dan memperhatikan hal-hal yang membuat logo itu “layak” dan mampu bekerja secara efektif sebagai identitas bagi entitas yang diwakilinya.
Terima kasih buat desainstudio.com yang memberikan kesempatan kepada saya untuk berbagi pengalaman kepada pembaca. Semoga kita bisa menjadi desainer logo yang kreatif dan memiliki kemampuan yang luar biasa.
Author: Ikaz Narsis adalah seorang Freelance Graphic Designer dan juga seorang blogger. Sering berbagi Tutorial dan tips tentang desain disitus pribadinya, zonanarsis.com
sumber