Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai ganti dari nama sebenarnya.
Peranan sebuah logo begitu penting bagi sebuah merek produk ataupun perusahaan/lembaga. Logo adalah identitas yang melambangkan si pemilik identitas, sejauh mana sebuah logomampu menjelaskan karakter atau ciri khas pemiliknya sangat tergantung kepada imajinasi, kreatifitas dan kemampuan teknis pembuatnya.
Sebuah logo yang berfungsi dengan baik tidak hanya mampu menampilkan keindahan secara fisik namun mampu menjelaskan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan melalui tampilan yang praktis dan mudah dipahami. Sebagai contoh, sebuah logo bergambar ular tidak akan bekerja jika perusahaan anda menjual minuman soda (Haha..contoh yg ekstrim!). Contoh lain, Logo Google yang simple dengan tampilan huruf warna-warni (mungkin) melambangkan kehebatan si mesin pencari dalam menemukan setiap ruang dari blog maupun website yang berbeda-beda, secara maksud dan tujuan (mungkin) logo ini berhasil mencapai target, namun kalau boleh jujur..menurut saya logo google gak ada indah-indahnya! :DPeranan sebuah logo begitu penting bagi sebuah merek produk ataupun perusahaan/lembaga. Logo adalah identitas yang melambangkan si pemilik identitas, sejauh mana sebuah logomampu menjelaskan karakter atau ciri khas pemiliknya sangat tergantung kepada imajinasi, kreatifitas dan kemampuan teknis pembuatnya.
Ada beberapa hal penting yang harus dimengerti dengan baik oleh logo designer dalam proses pembuatan sebuah logo.
Pertama : Logo diperuntukkan untuk dilihat sekilas. Artinya, orang tidak akan membuang waktu mereka untuk dapat memahami sebuah logo. Oleh karena itu, buatlah logo dengan typografi (teks) dan image yang mudah dibaca dan dikenali dengan maksud agar pesan tersampaikan dengan baik.
kedua : Pertimbangkan dengan baik warna logo anda. Posisikan kepada beberapa warna background yang berbeda, dan lihat apakah logo anda tsb cukup fleksibel untuk diterapkan. Sebuah logo akan digunakan dalam jangka waktu panjang dan akan berhubungan dengan berbagai media periklanan. ketika suatu saat logo tersebut harus ditampilkan dalam hitam dan putih, bagaimana tampilannya? Selain itu, padukan warna yang mudah dikenali dan eye catching pada logo. dan bayangkan, bagaimana bila logo tersebut berbaur bersama ratusan logo yang lain di rak sopermarket misalnya, apakah logo tersebut cukup menarik perhatian atau tidak. apabila tidak, maka segera buat logo baru! :D
ketiga : Seperti yg telah dijelaskan diatas, sebuah Logo haruslah cocok dengan perusahaan pemiliknya. Berikan font yang lansing atau kurus untuk perusahaan yang menjual obat diet (misal!) :D
keempat : Ada baiknya sebuah logo menggambarkan keindahan dan enak dipandang mata. Berikan kesan profesional dalam setiap lekukannya. Jangan sampai itu logo dikira buatan anak TK. (Seperti logoGudang suram diatas!) :D
sebagai tambahan, berikut daftar situs untuk menambah inspirasi dalam pembuatan logo, seringlah-seringlah berkunjung kesana dan berlatih berulang kali untuk menambah skill dibidang logo design :
www.desainstudio.com