6 Kiat Sukses Branding



Dalam memasarkan sebuah merek terdapat ada enam prinsip dasar yang harus diketahui oleh para pembuat keputusan.

Menurut Managing Partner Inventure Yuswohadi, prinsip yang pertama adalah product advertise themselves. Merek yang paling bagus adalah ketika dia mampu menjual dirinya sendiri. Namun, hal ini memang tidak mudah.

“Contohnya adalah Steve Jobs yang menjual sendiri brand Apple. Sebelum peluncuran produk baru, mereka selalu membuat iklannya terlebih dahulu. Nantinya, kinerja marketing communication akan semakin sedikit,” kata Yuswohadi dalam acara Corsec Marcomm Forum 2013 yang diselenggarakan Bisnis Indonesia, Kamis (28/2).

Prinsip kedua, integrating online-offline activation. Pola yang mewajibkan integrasi keduanya dinilai sudah menjadi tren. Perusahaan harus mampu mengintegrasikan program konvensional yang sedang dijalankan dengan situs sosial media seperti You Tube, Twitter, Facebook.

Ketiga, buzz your story used social channel effectively. Harus ada cerita yang dibangun terkait dengan merek. Keempat, perusahaan harus mampu memanfaatkan untuk membangun merek di saat ada peristiwa yang menarik atau menjadi topik utama.

Kelima, perusahaan bisa dengan membangun sebuah komunitas yang bisa diberdayakan untuk membantu meningkatkan penjualan produk. "Terakhir, perusahaan harus mampu bersaing dengan produk yang sama dengan harga terjangkau, tanpa mengurangi kualitas. Samsung, yang menjadi kompetitor kuat Apple telah berhasil melakukannya,” tuturnya. (yus)

sumber : http://archive.bisnis.com/articles/pemasaran-merek-inilah-6-kiat-sukses-branding